Mengenal T-Con TV LED

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 Kerusakan kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan T-Con sebenarnya sudah umum tapi jika teknisi tidak memiliki pengetahuan cara kerja T-Con maka perbaikan TV akan sulit dilakukan.



Umumnya teknisi service TV selalu menggunakan metode pengukuran tegangan pada test-point yang biasa diukur pada board LED TV, begitupun juga pada modul T-Con, ada beberapa tegangan yang umumnya selalu sama nilainya walaupun berbeda merk. Misalnya saja tegangan TCON TV LED samsung dan polytron maupun Sharp Aquos tidak akan berbeda jauh.

Cara Memeriksa Tegangan T-Con dengan Multimeter

Cara pengukuran tegangan yang efektif tentunya dengan menggunakan multimeter atau AVOmeter sekaligus dengan gejala kerusakan TV LED jika tegangan ini tidak sesuai. Tentunya akan sangat membantu jika terdapat skema T-Con TV LED yang sedang diperbaiki.

Tips pengukuran tegangan pada LED TV :

Buat catatan berapa nilai resistansi titik pengukuran terhadap ground untuk mengetahui apakah ada yang short sehingga menyebabkan tegangan tidak normal (posisi Ohm meter x1)

Penyebab tegangan hilang pada modul T-Con juga bisa disebabkan banyak hal :

  1. Kerusakan pada board
  2. Kapasitor kecil/ kapasitor SMD
  3. Short pada panel
  4. Fuse SMD yang putus

Bagaimana cara membedakan kerusakan Mainboard atau T-Con ? Tekan menu pada remote, jika OSD muncul maka kerusakan pada mainboard atau pada kabel LVDS

Berikut ini adalah data tegangan tcon tv led yang bisa dijadikan referensi :

1. Vin/ Vcc

Yang paling utama tentu saja adalah tegangan supply untuk modul T-Con, ada beberapa jenis tegangan tergantung tipe T-Con ada yang 3V, 5V atau 12 Volt DC dan titik pengukuran yang paling akurat adalah sebelum dan setelah sekring/ fuse board T-Con yang menuju ke mainboard.

Jika tegangan ini tidak ada maka gejala kerusakan tidak ada gambar sedangkan backlight akan nyala

2. VON/VGH/VGON/VGGG

Tegangan pada titik ini yang biasanya sering disebut titik VGH adalah sekitar 20-30 Volt yang dihasilkan oleh IC DC-DC, untuk pengukuran titik ini biasanya terdapat sudah diberi tanda pada board.

Jika tegangan VGH tidak ada maka gejala kerusakan adalah gambar menjadi slow motion / gerak lambat 

3. VOFF/VGL/VGOFF/VGEE

Tegangan pada titik ini besarannya tergantung pada besarnya ukuran display TV yang biasanya jika diukur tegangan akan berkisar -5V dan -10 Volt

Jika tegangan titik ini tidak ada maka gejala kerusakan pada TV LED hanya muncul gambar putih saja

4. VDD/Logic/Vddd

Biasanya tegangan berkisar 3.3 Volt yang berasal dari IC DC-DC atau regulator







ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip