Belajar Mencangkok Flyback dan Power Suply TV

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 

Cara Mencangkok Flyback dan Power Suply TV

Modifikasi atau bisa juga disebut mencangkok kadang-kadang dapat dilakukan jika tidak ada persediaan komponen di pasaran. Beberapa komponen yang dapat dicangkok seperti FBT, tuner, penguat suara, penguat vertikal, yoke, dan power suply.

Cara melakukan modifikasi tentunya dengan memperhatikan spesifikasi yang tersedia pada komponen yang akan dicangkok. Semisal, mencangkok FBT, carilah FBT yang mempunyai spesifikasi yang sama dengan FBT yang rusak. Jika letak-letak kakinya tidak sama, lakukan penukaran letak kaki dengan menggunakan kabel dan ukur hasil modifikasinya. Jika sudah cocok, berarti modiflkasinya selesai.

Contoh lainnya, jika IC Penguat Suara tidak dijual, dengan memperhatikan inputnya, kita dapat menggantinya dengan rangkaian penguat suara lainnya yang dijual di pasaran. Modifikasi hanya diperlukan jika kesulitan mendapatkan komponen pengganti atau jika komponen pengganti harganya sangat tinggi. Sementara, apabila dimodifikasi, harga relatif murah dan terjangkau.

Modifikasi juga dapat dilakukan pada rangkaian yang kerusakannya tidak ditemui, seperti pada power suply, rangkaian penguat vertikal, FBT, serta CRT. Hampir semua bagian pada televisi dapat dimodifikasi (dicangkok).

Mencangkok Flyback atau FBT Tv

Mencangkok flyback atau FBT sering dilakukan oleh teknisi terutama teknisi yang sudah berpengalaman. FBT pada tv sering tidak kita temukan penggantinya di pasaran, atau meskipun ada harganya lumayan mahal. Maka solusinya dapat mengganti FBT yang rusak dengan flyback yang tegangan output dan pola struktur kakinya sama dengan FBT yang telah rusak meskipun letak posisi tegangan output pada kaki-kakinya tertukar-tukar.


Menyesuaikan FBT Lama dengan FBT Baru

Cara Kerja :
  • Lepas FBT yang rusak dari PCB TV
  • Setelah FBT pengganti sudah ditemukan, pasang FBT baru tersebut pada PCB
  • Putuskan jalur yang tidak sesuai dengan tegangan output FBT baru dengan menggunakan silet atau pisau cutter.
  • Hubungkan kaki-kaki yang output  tegangan yang tertukar dari FBT yang baru terpasang dengan menggunakan kabel jumper sesuai dengan tegangan yang diperlukan jalur  PCB TV.
  • Sebelum dites lakukan pengukuran output tegangan DC dari FBT baru, dengan melepaskan setiap beban setelah penyearahnya.  Paling perlu diperhatikan ada output  heater apa sudah sesuai dengan tegangan yang diperlukan heater CRT sebesar 4-7 VAC, jadi putuskan terlebih dahulu kaki heater ke PCB CRT dan lakukan pengukuran.

Cara Jumper Kaki-kaki FBT baru ke PCB TV

Setelah semua tegangan sudah sesuai dengan kebutuhan pada setiap rangkaian lalu hubungkan semua tegangan output ke setiap beban pada rangkaian, maka segera lakukan tes apakah TV sudah bisa berfungsi dengan normal.


Mencangkok Power Suply TV atau Regulator




Langkah ini bisa ditempuh jika komponen yang rusak pada bagian power suply tv atau regulator tidak bisa kita temukan. Atau penggantian komponen pada regulator tidak bisa bertahan lama setiap penggantian, maka langkah mencangkok power suply perlu kita lakukan. Mencangkok power suply bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan Multiregutor  dan yang kedua dengan menggunakan Gacun.


1.Mencangkok Power Suply dengan Multiregulator

Cara ini dilakukan jika trafo switching diperkirakan rusak maka bisa digunakan perangkat berupa Multiregulator  yang sudah dilengkapi dengan trafo swiching dan transistor power suply. Tetapi sebelumnya cek dahulu komponen-komponen penyerahnya apa masih berfungsi dengan baik terutama diode dan kapasitor powernya.

 Multiregulator Tv

Cara Kerja :
  • Beli Multiregulator  yang memiliki kwalitas komponen yang baik dan dilengkapi output tegangan yang diperlukan sesuai dengan output power suply di PCB TV dan sesuai dengan ukuran layar TV.
  • Lepaskan komponen transistor power yang rusak dan trafo switching  dari PCB  TV
Komponen yang perlu dicopot
  • Putuskan jalur yang terhubung ke kapasitor power ke rangkaian switching
  • Pasang  Transistor power suply ke PCB Multiregulator serta kabel-kabel jumper yang diperlukan.
  • Hubungkan kabel kutub positif dan negative dari Multiregulator  ke kaki kapasitor power pada PCB TV sesuai dengan kutubnya.
  • Hubungkan kabel-kabel dari output Multiregulator  ke output  tegangan power suply di PCB TV sesuai dengan tegangan yang diperlukan.
  • Pasang Transistor Power Suply ke heatsink dengan skrup, serta ikat kabel-kabel jumper dengan rapid an pastikan kedudukan Multiregulator  kuat dengan mengikatnya pada heatshing.

Cara Jumper Multiregulator ke PCB TV

TV sudah siap di uji coba, tapi untuk mencegah kerusakan komponen transistor power saat menguji perlu dilakukan cara seperti yang saya tulis pada artikel  Mencegah Penggantian Transistor Regulator Langsung Rusak saat  Pengujian


2. Mencangkok Power Suply dengan Gacun

Cara ini bisa dilakukan jika trafo switching masih dalam keadaan bagus. Cara ini cukup mudah daripada cara pertama. Hanya dengan menghubungkan tiga helai kabel dari gacun maka pekerjaan sudah selesai. Tapi kelemahannya komponen-komponen gacunnya terlihat kusam yang memberikan isyarat kalau mutuhnya tidak bagus.

Cara Jumper Gacun ke Power Suply Tv

Cara Kerja :
  • Beli Gacun dengan kwalitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan besar layar TV, gacun Tv 14” – 21” beda dengan gacun TV 29”.
  • Lepaskan komponen Transistor  power suply dari PCB TV.
  • Putuskan jalur dikaki emitor Optocoupler atau Photo transitor
  • Pasang kabel hitam gacun di GND atau pada bekas lobang kaki emitor transistor power suply
  • Pasang kabel merah di lobang bekas kaki Colektor transistor power suply
  • Pasang kabel biru gacun di kaki Emitor Optocoupler
  • Pasang transistor power gacun pada heatsink
  • Pekerjaan sudah selesai dan TV siap diuji coba, dengan syarat komponen penyearah  dan kapasitor power masih bagus.

Demikinlah uraikan singkat beberapa cara memodifikasi komponen TV, disini hanya menjelaskan dua komponen yang sangat sering dilakukan modifikasi. Komponen lainnya juga bisa dilakukan seperti cara-cara diatas yaitu dengan menukar-nukar posisi kaki-kaki yang sama dengan menggunakan kabel jumper.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip