Mengatur Panas Solder Agar Panasnya Stabil

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Kadang kala kita mendapati tegangan listrik PLN yang tidak mampu membuat panas solder kita stabil, mungkin sebab lagi pada kondisi listrik PLN sedikit down atau dari penyebab lain, mungkin banyak cara yang bisa kita perbuat seperti  dengan menaikkan Watt elemen solder kita, tapi kalau dengan menaikan 
Image result for solder
Watt elemen solder katanya makin boros pemakaian listrik, makanya bisa kita coba dengan cara seperti pada gambar. berikut ini adalah cara mengakali agar solder kita panasnya tetep stabil untuk dipakai nyolder.

Dengan memanfaatkan travo bekas yang tidak terpakai, kita bisa mencobanya dengan tehnik berikut, yaitu memakai trafo yang bukan CT dan cara merangkaikanya bisa kita lihat pada gambar, jadi hanya memanfaatkan gulungan pada travo output digabungkan pada input AC, jadi tegangan listrik PLN tidak langsung pada solder, melalui perantara travo dulu.

Jika kita mengalami suatu masalah pada proses penyolderan, yang seakan-akan solder kita tidak mampu untuk melelehkan timah pada PCB tv, misalnya jika kita menyolder bagian deket kaki pendingin yang kadang sulit meleleh jika solder kita panasnya tidak stabil, jadi gak ada salahnya kita bisa mencobanya dengan solusi cara seperti ini.

Itulah solusi agar solder kita panasnya tetap stabil, jadi mampu melelehkan timah yang sulit disolder, mungkin pemirsa punya cara lain atau dengan menaikan daya Watt elemen solder, atau cara lain, Monggo bisa kita berbagi pengalaman disini melalui kolom komentar juga bisa. Demikian bahasan kali ini moga ada manfaatnya.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip