Cara Flash IC EEPROM Televisi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Berikut akan dibahas cara dasar Flash IC EEPROM tv, yaitu memperbarui data dari isi eeprom atau ic memori tersebut, bagi yang belum pernah tentunya kurang faham cara flash ic memory eeprom itu gimana? Tapi Mungkin kita akan lebih mudah memahami jika sudah memiliki peralatannya.
Apa saja yang harus di persiapkan untuk ngeflash ic eeprom/memory yaitu sangatlah sederhana, tidak perlu keahlian skill yang khusus sebagai programmer juga kita bisa melakukanya sendiri, asalkan ada alat yang dipakai untuk flash ic eeprom dan perangkat dengan mudah kita bisa menjalankanya, berikut cara flash ic eeprom/memory dengan alat.

Alat yang harus disiapkan untuk flash ic eeprom? Cara flash eeprom dan alat yang diperlukan.


Peralatan yang dibutuhkan :
  • Perangkat Komputer PC atau Laptop
  • Programmer + software + asesories
  • Kumpulan data-data Firmware
Tentunya untuk perangkat yang diperlukan diatas kita sudah bisa faham, dan untuk perangkat computer tentunya sekarang sudah rata-rata memiliki, tapi apabila kita belum mempunyai Programmer (alat utama untuk memprogram atau flash), kita cukup pakai yang murahan aja yang harganya tergantung dari jenis alat tersebut, mungkin soal harga misalnya CH341 sekitar 150 ribu, tapi ada juga lho yang harga satu jutaan.
Dimana kita bisa mendapatkan alat flash memory tersebut?, kita bisa langsung pesan saja pada penyedia alat tersebut, sekarang banyak juga yang menawarkan, misalnya kalau di daerah jawa barat pada kang Dede Digitalmas, atau jika di daerah timur bisa memesan atau tanyakan saja pada Pak Sumarsono atau Zaenal Elektro. Jika kita sudah mempunyai alat tersebut baru kita bisa siapkan firmware nya.
Kalau kita beli alat programmer biasanya akan di beri CD software untuk diinstal ke computer, atau Software tersebut juga dapat di download dari internet beserta jenis firmware nya dari tiap-tiap jenis ic dan merek perangkat yang memakai jenis ic memory tersebut, tapi biasanya sudah dikasih juga dari penyedia alat flash memory tersebut.

Asesories lain yang dibutukan adalah:

  • Pcb untuk menempelkan eeprom yang akan di flash.
  • Bisa juga menggunakan adapator, sehingga tidak perlu sering menyolder eeprom
  • Atau menggunakan penjepit eeprom, sehingga tidak perlu melepas eeprom dari board
  • Setelah software diinstal pada komputer, maka jika program tersebut dijalankan.
  • Akan dengan mudah dilihat perintah-perintah, dimana yang penting kita ketahui perintah utama untuk flash eeprom dan tahapan pengerjaanya dalah sebagai berikut:
  • Pemilihan jenis eeprom 24 atau 25 serta kapasitasnya
  • Pemasang eeprom harus sesuai pada soket 24 atau 25 (tidak boleh tertukar)
  • READ =  membaca isi data eeprom.
  • SAVE = data yg dibaca saat READ dapat disimpan sebagai file pada computer
  • ERASE = menghapus isi data eeprom. Ini perlu dilakukan jika eeprom akan diisi ulang
  • OPEN = membuka data eeprom yang di SAVE atau dari Kumpulan data2 Firmware
  • PROGRAMMED = data yang di OPEN akan ditulis pada eeprom. Jika penulisan betul maka akan muncul tulisan READ AND BUFFER SAME. Jika penulisan error akan muncul tulisan READ AND BUFFER DISAGREEMENT.
Itulah cara flash ic eeprom/memory dengan memakai alat programmer, tentu saja kita akan lebih memehaminya lagi jika kita sudah mempunyai alat tersebut. Alat flash memory juga sangat membantu proses memperbaiki tv atau perangkat lainya yang support dengan ic memory sesuai jenisnya, jadi akan langsung tepat sasaran jika kita mendapatkan problem kerusakan misalnya pada tv error data nya sehingga tv tidak bisa nyala atau gangguan pada saat tv tersebut sudah nyala, yang disebabkan oleh error data ic memory.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip