Memahami cara kerja ic vertikal Jilid.1

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

IC vertikal spt, Sanyo LA78041, Philips TDA8172, Panasonic AN15521, STMicroelectronis (lisensi Philips) STV9302 adalah merupakan ic vertikal paling phenomenal sepanjang achir kehidupan Tv tabung. Hampir semua merk menggunakan ic ini cukup lama untuk produksi tv tabung.

Bagaimana isi jeroan ic tersebut ???

Alangkah baiknya klo kita bisa memahami lebih dalam. Dengan demikian akan bisa membantu kita dalam menganalisa dan melacak penyebab suatu gejala kerusakan.

Ini adalah blok diagarm sebuah ic vertikal.



Ada 2 bagian penting dari sebuah ic vertikal.

  • Power amplifier.
  • Flyback Generator.

 

  • Power Amplifier.

Amplifier disini sebenarnya tidak jauh berbeda dg amplifier Audio. Dan karakteristiknya mirip dengan sebuah OpAmp.
Mempunyai 2 buah Input yaitu (1) Non Inverting input dan (2) Inverting Input.
Tegangan suply bagian Amplifier yg sesungguhnya adalah pin-6.

  • Flyback Generator

Vcc pin-2 memang suply input utk ic vertikal, tapi ini bukan Vcc utk bagian Amplifier. Dia hanya dipakai utk mensuply bagian Flyback Generator atau istilah lainnya adalah Pum-Up. Flyback Generator  sendiri menghasilkan tegangan 2 kali tegangan Vcc.

Tapi jangan heran.......tegangan ini tdk bisa dilihat pakai Volt meter......mesti dilihat pakai osiloskop. Karena tegangan ini tdk muncul secara kontinyu, tetapi hanya secara periodik yg dipakai hanya ketika “vertikal retrace” saat scanning.

Tegangan flyback perlu sebuah filter, yang umumnya menggunakan elko 100u/50v atau 35v. Dimana biasanya klo elko ini rusak akan mengakibatkan ada beberapa “garis2 vertikal retarace scanning” nampak pd bagian atas layar.

Disini juga digunakan sebuah diode. Maka klo diode tersebut putus, akan mengakibatkan amplifier tidak kerja. Yang kadang terjadi diode tersebut rusak (bukan short) tetapi rusak tdk mampu dilalui arus besar, sehingga klo diukur, tegangan pin-6 akan drops. Normal tegangan pin-6 harus terukur sama dg tegangan Vcc pin-2.

Kenapa ada Flyback Generator.

IC vertikal sebelumnya......yg telah lahir duluan seperti misalnya TD8356....atau klo pd model tv yg lebih tua yang masih menggunakan transistor NPN/PNP.
Vcc Vertikal Amplifier membutuhkan tegangan Vcc yg lebih tinggi antara 45 sampai 60v.
Padahal tegangan ini tdk dibutuhkan secara kontinyu. Denga adanya penemuan sirkit Flyback Generator ini, maka Vcc yang dibutuhkan tidak perlu tinggi2. Cukup sekitar 25 -30v....sedang tegangan tinggi 45-60v akan dipenuhi oleh Flyback Generator. Semua ini demi EFISIENSI daya listrik.

  • Memeriksa ic vertikal dg Ohm-meter

Dalam keadaan dilepas atau masih terpasang, ic vertikal dapat diperiksa utk memastikan masih bagus atau rusak. Ke-akurat-an cara ini bisa 95%.
Power Amplifier berisi dua buah power transistor jenis NPN/PNP.
Ukur saja antara (pin-5 dgn pin-6) pakai ohm meter posisi 1x secara bolak-balik sebagaimana kita cek diode. Normal hasilnya harus sama spt saat cek diode.
Demikian juga antara (pin-4 dengan pin-6).







ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip