Membuat Pengaman Motor Sederhana Otomatis

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Cuma berbagi pengalaman aja nih Gan.... Saat ini banyak sekali berita kriminal ataupun kejadian pencurian motor hingga pembegalan motor dijalan, kayanya motor perlu diberi pengaman, walaupun sederhana, setidaknya mengurangi kekhawatiran terhadap tindak kejahatan.Setelah googling sana-sini .. Image result for Motor matic 
Ternyata banyak juga posting tentang pengaman motor,dari yang sederhana hingga yang canggih, namun untuk menyesuaikan kocek, ya bikin saja yang sederhana ..hehe.. rangkaian yang saya dapat seperti dibawah ini Gan...
NB:Resistor 420K tidak ada dipasaran,bisa diganti 470K
Versi diatas untuk semua jenis motor pengapian AC..tinggal menyesuaikan warna kabelnya saja..untuk jenis motor pengapian DC, bisa dibuat dengan memutus jalur positif kontak (Motor dengan Pengapian AC biasanya kabel kontak ada 4,sedangkan Pengapian DC kabel kontak biasanya cuma 2).

Saya mencoba membuat rangkaian diatas dan saya pasang di motor saya, memang bekerja, namun terkadang relay langsung On saat kontak motor di On kan. Mungkin ada semacam arus kejut saat kontak di On yang membuat SCR terpicu. Akhirnya saya ubah rangkaian diatas menjadi Sensor Sentuh Ganda, agar tidak langsung On saat motor di kontak. Saya membuat 1 rangkaian untuk Honda REVO milik Bapak saya.

 Rangkaiannya jadi seperti ini Gan...Input Relay diambil dari Positif.

pemasangan komponennya kira-kira seperti ini Gan.. (dilihat dari atas)
SCR 2P4M yang ORI / bagus di tandai dengan 1 titik di kiri bawah dan 1 titik di kanan atas.
Dalam pembuatan saya memakai kabel Merah untuk Positif, Kabel Hitam untuk Negatif, kabel Coklat untuk Output, dan kabel Kuning untuk Titik sentuh.
Diagram pemasangan kira-kira seperti ini Gan.
Rangkaian diatas bisa dipakai untuk motor pengapian DC merk apapun, karena cara kerjanya hanya memutuskan jalur kontak.
Untuk motor dengan fitur SSS,Switch Standart Samping semisal Honda Beat, anda bisa  menghubungkan Output Relay ke Standart samping, jadi seperti membuat saklar seri..Rangkaian diatas sudah saya coba aplikasikan ke Honda Beat saya Gan..yang perlu di ingat adalah..jika memasang sensor untuk motor jenis bebek dan lainnya yang di putus adalah jalur kontak alias jalur POSITIF..Sedangkan memutus switch standar samping Honda Beat maka yang di putus adalah jalur NEGATIF atau Ground.
Rangkaian milik saya jadi seperti ini Gan..Input Relay di ambil dari Negatif.

Nilai R1 dan R2 tidak harus sama dengan diatas Gan,bisa anda ganti sesuai tingkat sensitifitas yang di inginkan.karena arus sebesar 0.2 mA sudah cukup untuk memicu  SCR 2P4M .
Switch Manual atau darurat digunakan jika suatu saat rangkaian tidak berfungsi atau aki tekor, karena akan sangat sial jika rangkaian tidak berfungsi pas di tempat yang jauh dari rumah/bengkel atau tempat tujuan.

Cara kerja rangkaian diatas adalah memanfaatkan tubuh kita sebagai kabel/resistor yang menghubungkan titik sentuh 1 dan titik sentuh 2 untuk memicu SCR dan menghidupkan Relay.

FYI : Pada dasarnya resistansi tubuh manusia  berbeda-beda, dan berubah-ubah seiring waktu, juga tergantung pada kelembaban, bisa jadi sensor diatas kadang sensitif kadang tidak dikarenakan kondisi kelembaban kulit / tubuh.
NB: Saat menyentuh 2 sensor, posisi kaki tidak boleh Ground atau langsung menyentuh Tanah Gan, karena arus dari titik sentuh 1 akan dibuang ke tanah dan rangkaian tidak akan ON ... jadi harus pake sandal saat nyentuh 2 sensor, jangan "Nyeker".. dan jika sandal basah atau kondisi hujan maka kaki harus di angkat saat nyentuh sensor..repot khan...haha..tapi jadi lebih aman jika ketemu maling-maling yang beroperasi saat hujan ...

Semua rangkaian diatas hanya bersifat Anti Elektric Starter maupun Kick Starter , jadi motor tidak bisa dihidupkan sebelum sensor disentuh..tapi motor masih bisa didorong atau diangkut Gan.. so sebaiknya tambahkan pengaman lain.


Wiring Diagram Honda Beat
Saran : Dalam modifikasi sambungan kelistrikan motor ,sebaiknya jangan menggunakan isolasi untuk menutup sambungan kabel, lebih disarankan menggunakan Selongsong Bakar karena selain lebih kuat, juga tahan air

UPDATE : Beberapa pembaca sudah mencoba dan mungkin mengalami kendala rangkaian tidak berfungsi, maka yang harus di perhatikan adalah  : 
Sebelum membuat rangkaian, cek dahulu setiap komponen yang akan dipasang, karena komponen baru beli di toko pun belum jaminan komponen tersebut bagus.

1. Cek SCR-nya, SCR jika anda beri arus pada Gate, maka Anoda dan Katoda akan terhubung.jika tidak terhubung berarti SCR putus. Jika Gate belum diberi arus  ternyata Anoda dan Katoda sudah terhubung berarti SCR Short/konslet.

2. Cek Relay, jika di beri arus pada kaki 1 dan 3 maka relay akan bunyi Klik/ON. Jika tidak klik berarti Relay mati.

3. Cek pemasangan dioda IN4148, jika memasangnya terbalik akan membuat SCR  rusak/konslet.

Jika semua komponen tersebut ternyata OK tapi di sentuh tidak ON, coba langsung hubungkan titik sentuh 1 dan 2 dengan kabel, jika ternyata ON, berarti titik sentuh kurang sensitif atau kualitas SCR-nya buruk/ SCR sudah lemah. Titik sentuh/ Baut yang terlalu kecil juga bisa mengurangi sensitifitas.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip