Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Artikel cara mendapatkan uang dari Facebook ini Sebenanya hanya sebagai catatan pribadi agar tidak lupa dikemudian hari, jadi tak ada maksud menggurui disini.
Image result for Cara Mendapatkan Uang dari Facebook
Ada beberapa alasan kenapa saya memilih media sosial Facebook dibanding media sosial lain, alasannya hanya satu, karena dari sekian banyak media sosial yang ada, Facebook lah yang memang didesain untuk para pebisnis online.

Tidak, disini saya tidak akan membahas fitur-fitur facebook. karena akan melenceng dari tema kita yaitu mencari duit dari facebook.

Di artikel ini setidaknya saya akan membahas 6 model bisnis online yang sudah pernah saya jalankan melalui Facebook namun sayangnya tidak semua bisnis tersebut menghasilkan hasil yang maksimal atau sesuai yang saya inginkan.

Jadi mungkin singkat saja agar Anda tidak bosan dan saya tidak capek menulis, berikut macam-macam bisnis online yang pernah saya jalankan di Facebook beserta penjelasan singkat tentang keuntngan / profit yang mungkin Anda dapatkan.

1. Bisnis Jasa Like di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Like Facebook

Salah satu cara mendapatkan uang dari facebook yang paling menghasilkan bagi saya adalah bisnis jasa like, namun sekaligus juga merupakan bisnis yang cukup menguras waktu dan tenaga.

Sesuai namanya, model bisnis ini adalah menawarkan jasa like facebook kepada para pengguna facebook yang ingin menambah jumlah like pada fanpage yang mereka buat tanpa harus capek-capek promosi kesana-kemari.

Ya, secara tidak langsung saya bekerja dengan cara menggantikan peran mereka dalam hal 'promosi'. Meski ada rekan kerja yang membantu, namun tetap saja saya juga harus turun untuk sekedar mengecek maupun membantu jalannya kegiatan promosi.
Related image
Untuk Anda yang berminat mencoba bisnis jasa like di facebook, saran saya silahkan Anda pelajari trik atau cara menambah like facebook, karena tanpa mempelajari dasarnya kita akan kesulitan ketika melayani fanpage dari client yang notabenya mempunyai berbagai jenis niche atau topik yang tidak sama satu dengan lain.

2. Bisnis Dropship di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Bisnis Dropship

Anda juga bisa dapat uang dari facebook dengan menjalakan bisnis dropship, bahkan yang saya lihat model bisnis dropship kian hari kian banyak saja yang menjadi dropshipper.

Bukan hanya fanpage saja yang digunakan untuk mempromosikan produk dropship, namun juga akun facebook pribadi tak jarang juga dijadikan sebagai media untuk promosi, yang lebih ekstrim adalah dengan titip lapak di dinding facebook orang lain.

Saya pribadi menganggap cara promosi seperti itu (titip di dinding facebook orang lain) kurang pantas dilakukan dan bisa dikatakan tidak efektif, karena tidak tertarget dan peluang konversi juga kecil karena lebih mengarah ke arah spam dibanding promosi.

Jadi bagaimana cara promosi yang efektif dan efisien dan merugikan orang lain ? Tinggal usaha anda.

3. Bisnis Ebook di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Bisnis Ebook

Cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari facebook adalah dengan membuat Ebook. Tidak perlu jago menulis untuk memulai bisnis Ebook ini, karena yang Anda perlukan hanyalah pandai dalam bercerita.

Ya, karena pada dasarnya dalam marketing jauh lebih penting cara penyampaian Anda dibanding isi dari produk tersebut.

Mudahnya seperti ini, seseorang yang mempunyai produk bagus belum tentu bisa mendapatkan penjualan yang bagus pula jika ia tidak mampu menyampaikannya dengan baik, namun sebaliknya untuk mereka pandai persentasi mengenai produk yang ia jual, seburuk apapun kualitas produk tersebut tetap akan diminati.

Untuk mepromosikan produk eBook Anda bisa dengan dua cara yaitu melalui direct promotion atau bisa juga dengan membuat giveaway.

Direct promotion saya rasa sudah cukup jelas yaitu dengan menawarkan produk langsung kepada target market Anda. Sementara untuk cara kedua atau giveaway adalah yang sangat saya rekomendasikan, sesuai namanya yaitu giveaway atau pemberian gratis namun tentunya gratis disini tidak cuma-cuma, melainkan ada syarat dimana mereka wajib me-like / share status Anda.

4. Bisnis Fanpage di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Bisnis Fanpage

Bisnis fanpage facebook tidak sama dengan jasa like yang sudah saya jelaskan diatas. Bisnis Fanpage facebok yang saya maksud disini maksudnya adalah dengan membuat fanpage lalu mejual setiap postnya.

'Menjual post ? apa maksudnya ?' menjual post pada fanpage tidak jauh berbeda dengan model tweet promotion yang ada di twitter, dimana si pemiliki fanpage akan menawarkan kepada advertiser yang bersedia produknya dipromosikan melalui post / status fanpage facebook.

Tak jarang justru si advertiser inilah yang datang sendiri. Namun tentunya hal ini hanya bisa terjadi jika Anda memiliki Fanpage dengan jumlah like yang banyak dan tentunya memiliki fans yang aktif berkomentar / like. Untuk cara pembuatan fanpage facebook bisa Anda pelajari melalui artikel Cara Membuat Facebook Fanpage.

Saya berikan sedikit bocoran harga promosi di fanpage besar dengan kisaran like berjumlah 1 juta keatas, biayanya adalah :
  • 50 - 100 ribu, untuk produk yang seniche dengan fanpage tersebut
  • > 100 ribu, untuk produk yang tidak seniche

Anda tentu bisa bayangkan berapa keuntungan yang mereka dapatkan jika sehari melayani 2 - 3 pesanan.

5. Bisnis Game di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Game Facebook

Taukah Anda bahwa bermain game di facebook ternyata bisa menghasilkan uang ? ya, ini benar adanya bukan money game atau sejenisnya tapi uang asli yang bisa Anda belanjakan dimanapun di seluruh indoensia.

Namun tentu prosesnya tidak sesederhana itu, dimana triknya adalah dengan membuat 1 akun facebook (jika belum bisa buat facebook silahkan baca cara membuat akun facebook) yang kita khususkan untuk bermain game facebook, ingat hanya mainkan game facebook yang populer saja seperti :
  • Candy Crush Saga
  • Dragon City
  • FarmVille 2

Disini saya asumsikan Anda sudah memiliki setidaknya 1 akun facebook dengan 1 game facebook yang sudah memiliki level tinggi, selanjutnya cari fanpage yang berkaitan dengan game yang Anda mainkan.
Cara Mendapatkan Uang dari Game Facebook 2

Orang-orang itulah yang menjadi target market Anda, untuk cara promosinya bisa dengan memasang screenshot saat bermain game atau intinya yang menunjukan bahwa akun facebook Anda layak untuk dibeli.

6. Bisnis Iklan di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Iklan Facebook

Cara terakhir untuk mendapatkan dari facebook yang juga sebagai cara paling ampuh mendatangkan jutaan rupiah ke rekening kita adalah dengan menggunakan iklan dari Facebook atau sering disebut Facebook Ads.

Namun perlu diketahui bahwa dari berbagai cara mendapatkan uang dari facebook yang sudah saya jelaskan diatas, bisnis Facebook Ads inilah yang satu-satunya wajib mengeluarkan biaya (harus mengeluarkan modal), bahkan bukan hanya biaya namun juga butuh kartu kredit atau VCC (virtual credit card).

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan uang dari Facebook Ads, seperti misalnya :
  • Promosi Blog
  • Promosi Produk sendiri
  • Promosi Produk orang lain (affiliate marketing)

Atau cara lain adalah menggunakan facebook ads dengan jasa like, menggunakan fb ads untuk mepromosikan ebook buatan Anda dan lain sebagainya.

Cara mendapatkan uang dari Facebook tidaklah susah, namun juga tidak sesederhana yang kita pikirkan, karena butuh waktu, usaha dan kerja keras untuk mendapatkan loyalitas client, jika kita memulai bisnis facebook tersebut dari awal.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip